Berita

Breaking News:   

Seremonial Pemulihan Ekosistem Pulau Tengah Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur

Nipah Panjang, 22 Desember 2018. BKSDA Jambi bersama mitra konservasi diantara nya ZSL, FFI, FZS, YKSLI, dan LSM konservasi diantara nya Yayasan Pinang Sebatang dan Yayasan Mitra Bahari melakukan  kegiatan seremonial pemulihan ekosistem Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur yang berlangsung di dermaga Nipah Panjang. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka langsung oleh Perwakilan Bupati Tanjung Jabung Timur. Pada kesempatan ini Direktur PJLHK KSDAE Bpk. Dodi Wahyu Karyanto dan Kepala Balai KSDA Jambi Bpk. Rahmad Saleh memberikan kata sambutan kepada para tamu undangan.

Direktur PJLHK dalam kesempatannya mengutarakan bahwa pemulihan ekosistem sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Pemulihan ekosistem ini menurut beliau akan berdampak positif bagi wilayah Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur. “Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur merupakan amanah untuk Provinsi Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bersama sama dengan semua elemen, kita akan rawat dan jaga apa yang diamanahkan. Apa yang kita lakukan sekarang akan dinikmati oleh anak cucu kita nantinya”, tandasnya. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bibit yang akan ditanam dan rombongan berangkat ke Pulau Tengah lokasi penanaman pemulihan ekosistem.

Pulau Tengah sendiri berjarak cukup dekat dari lokasi pembukaan acara seremonial pemulihan ekosistem. Semua perwakilan elemen masing masing menanam bibit ditempat yang telah disiapkan di Pulau Tengah. Jenis tumbuhan yang dipakai untuk pemulihan ekosistem ini beragam mulai dari Bakau, Nipah, Pidada, dsb. Setelah melakukan penanaman, rombongan kembali ke dermaga untuk makan siang bersama-sama. Kepala Balai KSDA Jambi, Rahmad Saleh menuturkan “Alhamdulillah acara seremonial pemulihan ekosistem hari ini telah berjalan lancar. Walaupun kondisi air sedang pasang namun tidak menyurutkan semangat kami untuk melaksanakan kegiatan ini. Kami berharap Pulau Tengah dapat menjadi percontohan pemulihan ekosistem.”

 

">