Breaking News:   

Cagar Alam Bukit Tambi

Unit Pelaksana Teknis BKSDA Jambi
Provinsi Jambi
Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Luas (Hektar) 13.712
No. SK Menhut 727/Menhut-II/2012
Tanggal SK 10 Desember 2012

Kawasan Cagar Alam Bukit Tambi ditunjuk sebagai kawasan konservasi dengan fungsi sebagai Kawasan Suaka Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 727/Menhut-II/2012 tanggal 10 Desember 2012 tentang perubahan peruntukan kawasan hutan menjadi bukan kawasan hutan seluas ± 13.712 Ha, dan perubahan fungsi kawasan hutan seluas ± 20.529 Ha di Propinsi Jambi. Kawasan Cagar Alam Bukit Tambi sebelumnya merupakan kawasan hutan dengan tujuan khusus sebagai kantong persinggahan jalur satwa Gajah Sumatera yang melintasi daerah ini dari Habitat / koloni gajah dari wilayah Ulu Jambi, Kabupaten Bungo Tebo atau Lansekap Bukit 30 pada tahun 1980. Dengan dibukanya Jalan Lintas timur ( Jambi – Riau ) maka untuk menghindari konflik satwa ini yang melintasi jalan ini diusulkan kawasan hutan seluas 660 Ha sebagai perlindungan gajah sumatera. Sesuai dengan Pengertian Kawasan Suaka Alam itu sendiri ialah Kawasan dengan ciri khas tertentu, baik didarat maupun di perairan yang mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya yang juga berfungsi sebagai wilayah sistem penyangga kehidupan, dari pengertian diatas perlu adanya kegiatan kajian pendahuluan untuk mengumpulkan data dan informasi terkini mengenai kondisi kawasan Cagar Alam Bukit Tambi baik kondisi Biofisik maupun sosial ekonomi masyarakat sekitar.

Potensi Kawasan
Flora
-

Fauna
Monyet dan Lutung, Babi, Musang, Burung Raja Udang, Burung Pelatuk, Burung Perkutut, Burung Balam, Burung Rangkong, Siamang

Aksesbilitas
Kawasan Suaka Alam Bukit Tambi berada di Desa Dusun Mudo Kec. Muara Papalik Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan Jarak tempuh dari Ibukota Kabupaten Kuala Tungkal ± 2,5 Jam Perjalanan darat, dan berada disekitar Jalan Lintas Timur Sumatera Jambi – Riau. Akses sampai dilokasi Desa dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 4, dan kondisi jalan sangat bagus karena berada di jalur jalan Nasional Lintas Timur Sumatera. (KSA) Kawasan Suaka Alam Bukit Tambi sangat mudah aksesnya dan pada wilayah Perbukitan Tambi merupakan tempat yang cukup terkenal oleh para pemakai jalan sebagai tempat peristirahatan sejenak bagi para pemakai jalan terutama para sopir antar lintas sumatera untuk menghilangkan kelelahan dalam perjalanan dan beristirahat atau memarkirkan kendaraan pada jalur jalan lintas sumatera di sekitar kawasan Bukit Tambi tersebut.

Dari Jalan Aspal menuju lokasi kawasan dapat ditempuh dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2, dengan melalui akses jalan koridor PT. WKS menuju ditrik III dan IV, sehingga memudahkan untuk menuju lokasi .